Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Wednesday, March 21, 2012

AKSI DALMAS DALAM HUT SATPOL PP

Aksi tangkas terkait pengendalian massa (dalmas) dipertunjukkan oleh jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) di HUT-nya yang ke-62, bertempat di alun-alun Kabupaten Lamongan, kemarin (20/3). Dalam simulasi tersebut, mereka melakukan 3 peragaan yaitu dalmas, formasi bersaf, serta senam tongkat yang sekaligus digunakan sebagai alat bela diri. Atraksi itu dipimpin oleh komandan pleton (danton) Roni Setiawan.

Kemahiran mereka dimulai dari peragaan dalmas lengkap dengan membawa tameng (pelindung diri) serta senjata berupa pentungan. Dengan sikap siaga menghadapi massa, mereka membentuk formasi banjar tiga. Formasi ini berguna untuk menutup perempatan jalan baik dari arah depan, kiri dan kanan agar massa tidak bisa berkumpul menjadi satu untuk menggalang kekuatan besarnya.

Selanjutnya, formasi pasukan yang membentuk barisan segitiga ini bertujuan untuk memecah kekuatan massa menjadi dua bagian agar kekuatan mereka menjadi berkurang sekaligus untuk menangkap dan mengamankan orang yang kemudian ditempatkan ditengah-tengah pasukan. Formasi bersaf ini untuk menutup daerah atau area terbuka dari berbagai kemungkinan serangan lawan.

Pasukan yang terdiri dari 100 orang itu juga memperagakan senam tongkat yang sekaligus digunakan sebagai alat bela diri. Gerakan yang berdasar pada bela diri Polri ini, pada kesempatan itu dirangkum menjadi 20 gerakan yang terdiri dari pukulan, tendangan, dan tangkisan. Satuan yang dipimpin oleh Sukiman ini pun menyajikan atraksi dengan apik, menunjukkan bahwa mereka telah siap dengan berbagai kondisi di lapangan khususnya menghadapi kenaikan BBM awal April mendatang.

Sebelum itu, Drum Band Bahana Yudha Putra SMA Panca Marga 1 Lamongan juga menunjukkan aksinya untuk menyemarakkan suasana. Drum Band yang dibentuk tanggal 12 Februari 1997 lalu itu dibawakan oleh para siswa-siswi terbaik generasi ke-12 dari 20 angkatan atau lulusan yang di wisuda di lembaga yang berdiri sejak 25 tahun lalu. Sekitar 10 menit mereka membawakan 4 buah lagu yaitu pahlawan arena, wisambi monco, balada anak bertanya, dan mars ABRI.

Mengutip sambutan Menteri Dalam Negeri RI Gamawan Fauzi, yang dibacakan oleh Bupati Lamongan Fadeli mengatakan, dengan semangat HUT Sat Pol-PP Ke-62, siap mengawal penguatan peran kepala daerah bidang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat melalui optimalisasi penegakan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

“Saya berharap momentum ini bisa dijadikan sebagai daya dorong serta semangat Sat Pol-PP untuk terus meningkatkan pelaksanaan tugas kedinasan sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah yang lebih profesional, kompeten dan bersinergis tinggi, serta sebagai wahana garda terdepan,” tandas Bupati. Hadir pada kesempatan itu Kasubag Keuangan Pol-PP Pemprov Jatim Hartini.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More