Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Tuesday, January 31, 2012

TANGGUL BENGAWAN SOLO LONGSOR

Tanggul bengawan solo tepatnya di desa Laren Kecamatan Laren dan Desa Gedangan Kecamatan Maduran, sejak hari Minggu kemarin longsor akibat penurunan debit air bengawan solo yang terjadi secara tiba-tiba.

Lonsong yang terjadi di desa Laren, panjangnya mencapai 100 meter, sedangkan di desa Gedangan Mencapai 50 Meter, kedalaman longsor mencapai 6-9 meter. Longsornya tanggul tersebut otomatis mengancam puluhan rumah di dua desa yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo tersebut, bahkan dua rumah di desa Laren sudah mengalami kerusakan di bagian dapurnya.

Warga setempat mengatakan, longsor serupa hampir tiap tahun terjadi jika debit air Bengawan Solo turun secara tiba-tiba. Tebing bendungan juga kerap terkikis oleh derasnya arus sungai, Tahun lalu, sebuah rumah warga juga hanyut terseret arus air Bengawan Solo.

Walaupun mendapat ancaman longsor, namun warga enggan untuk direlokasi karena sudah menempati rumah mereka selama puluhan tahun. Warga berharap pemerintah segera mengupayakan pembangunan tanggul permanen agar longsor tidak lagi terjadi.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More