Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Friday, February 24, 2012

PINJAM PAKAI BEGO DAN BANTUAN KERAMBA UNTUK PETAMBAK KERAPU

Tambak seluas 47 ha di Dusun Kentong Desa Labuhan Kecamatan Brondong menjadi sentra budidaya Ikan Kerapu. Sebanyak 95 orang petani tambak di dusun tersebut yang tergabung dalam kelompok tani Bakti Usaha I dan Bakti Usaha II, sejak beberapa tahun terakhir membudidayakan ikan Kerapu, jenis ikan yang masih jarang dibudidayakan sekaligus mempunyai nilai jual yang tinggi.

Panen kerapu di dusun Kentong dilakukan kemarin dan dihadiri oleh Bupati Lamongan, H. Fadeli, SH. MM. Pada Kesempatan tersebut, Bupati memberikan bantuan pinjam pakai bego (alat keruk) dan 150 unit keramba jaring apung untuk pendadaran ikan kerapu. Pemberian bantuan pinjam pakai bego karana bupati mendapat laporan bahwa kendala budidaya ikan kerapu di tempat ini terkendala oleh kedalaman tambak yang masih kurang. Ke dalaman ideal kerapu adalah tidak kurang dari 100 meter. “Karena kalau menyewa alat tersebut bisa mencapai Rp 1 juta/harinya dan itu bisa memberatkan,” katanya.

“Saya ingin di setiap kecamatan ada sentra-sentra ekonomi masyarakat yang maju dan menjadi percontohan sesuai dengan karakteristik masing-masing wilayah. Seperti di Kecamatan Sambeng ada kampung lele dan di Kecamatan Turi ada kampung itik. Begitu juga di Kecamatan Brondong ada kampung kerapu,” pungkasnya. Produksi kerapu Lamongan sendiri mencapai 150-200 ton/tahun. 

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More