Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Thursday, May 10, 2012

KINI ADA DIKLAT CPNS LEVEL KABUPATEN


Selama ini, kewajiban untuk mengikuti diklat bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) hanya dilakukan sekali di tingkatan provinsi melalui program Latihan Pra Jabatan (LPJ). Namun kini diklat tersebut juga dilaksanakan di tingkat kabupaten. Sebanyak 899 PNS/CPNS angkatan tahun 2010-2011, Rabu (9/5), mengikuti diklat kesamaptaan atau diklat dasar mental di Sanggar Pramuka Manggala Krida Loka, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan.  

Diklat PNS/CPNS lingkup Pemerintahan Kabupaten Lamongan tersebut dimulai tanggal 9 mei sampai 12 juni 2012 yang dibagi dalam 9 tahap. Setiap tahapan berjumlah 100 peserta dan wajib mengikutinya selama 2 hari (2 hari 1 malam). Selama diklat peserta di asramakan di Sanggar Pramuka.

“Dari keseluruhan peserta, dari  lingkup pendidikan sebanyak 242 orang, kesehatan 256 orang dan administrasi 391 orang,” ujar Kabid Pembinaan Umum dan Kesamaptaan dari Satpol PP Lamongan Toha Ali saat menyampaikan laporannya.

Selanjutnya peserta diklat akan diberikan materi kinerja PNS, disiplin PNS, tata naskah dinas dan kelembagaan, penegakan perda, penyelenggaraan trantibum dan linmas. Sementara untuk kegiatan fisik berupa PBB (baris berbaris), latihan upacara bendera, dan sejumlah latihan fisik. “Mereka akan dibina oleh Kodim, Garnisun, BKD, Bagian Organisasi dan Satpol PP,” kata Toha.

“Setelah mengikuti diklat ini peserta diharapkan memiliki kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan disiplin bagi PNS pada umumnya dan disiplin di lingkungan SKPD khususnya. Serta sigap, tangkas dalam menghadapi tantangan dan menjunjung tinggi integritas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab,” kata Bupati Lamongan Fadeli dalam sambutannya sekaligus membuka pelaksanaan diklat.

Dia menambahkan, kalau fisik serta mentalnya bisa dibentuk setidaknya mereka akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Mampu berinovasi tinggi. “Karena ide-ide kreatif tersebut sangat diperlukan dari tangan dingin saudara,” pungkasnya. Sekkab Yuhronur Efendi juga sempat memaparkan materi kinerja PNS.      

Terkait asrama, panitia telah menyiapkan aula yang cukup luas yang sudah ditata sedemikian rupa. Pada pembukaan pertama diklat juga ditemui wanita hamil setidaknya 4 orang dari usia kehamilan termuda yaitu 2 bulan sampai 9 bulan. Panitia mengaku, akan memperlakukan secara khusus bagi wanita hamil. Bahkan bisa ditunda keikut-sertaannya pada bulan-bulan mendatang.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More