Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Wednesday, May 16, 2012

LUMAJANG BELAJAR PENANGGULANGAN BENCANA


Sebagai daerah yang rawan bencana, Lamongan dianggap telah berhasil dalam penanggulangan bencana. Hal itu menarik perhatian Sekretariat Daerah Kabupaten Lumajang. Sejumlah 13 anggota komisi D Kabupaten Lumajang dikirim ke Lamongan untuk ngangsu kaweruh tentang penanggulangan bencana, Rabu (16/5) di Ruang Sasana Nayaka.

Rombongan yang di pimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Rudi Hartono itu bermaksud untuk menggali informasi dari Lamongan. Diantaranya tentang bagaimana upaya Pemnkab Lamongan dalam penanganan dan penanggulangan bencana serta regulasi berupa Perda yang mengatur penanggulangan bencana tersebut.

Asisten Tata Praja Kabupaten Lamongan Luluk Humam saat menerima rombongan kungker dalam penjelasannya mengungkapkan, sejak 2011, dalam rangka penanganan bencana di Lamongan telah dibentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah berdasarkan Perda No 1 tahun 2010 dan Peraturan Bupati No 27 tahun 2010.

Badan ini bertugas untuk melakukan pendataan dan infentarisasi secara tepat terhadap obyek bencana yang meliputi jenis dan lokasi bencana serta kerusakan dan kerugian yang diakibatkan oleh bencana tersebut. Tugas penting lainnya yang harus dilaksanakan BPD adalah melakukan penyelamatan dan evakuasi dan menyalurkan bentuan.

Dalam melaksanakan tugasnya, ditambahkan oleh Humam, BPBD Lamongan telah dilengkapi beberapa sarana dan prasarana. Diantaranya perahu karet dan fiber yang dilengkapi mesin, beberapa jenis tenda hingga mobil.

Sedangkan untuk mengantisipasi bencana, Kabupten Lamongan juga telah melakukan beberapa program diantaranya memberikan sosialisasi dan petunjuk teknis menghadapi bencana sesuai dengan bencana yang mungkin timbul didaerah tersebut. Pemerintah Kabupaten Lamongan juga mengadakan gladi lapang dan gladi posko

Terkait dengan alokasi dana untuk penanggulangan bencana yang juga merupakan salah satu hal yang menarik perhatian tim DPRD kabupaten Lumajang tersebut, Luluk Humam mengungkapkan untuk membantu BPBD, dialokasikan dana sebesar Rp 928 juta.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More