Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Wednesday, May 23, 2012

PEMILIHAN DUTA LINGKUNGAN TAHUN 2012


Sebanyak 38 siswa SMA/sederajat mengikuti seleksi duta lingkungan yang diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Lamongan, di ruang Shaba Nirbawa setempat, kemarin (22/5). Tiga siswa terbaik yang lulus dalam seleksi ini akan dipilih menjadi unsur pioner penggerak kegiatan lingkungan yang menjadi program pemerintah daerah lewat green and clean-nya.

Kegiatan untuk menyemarakkan Hari Jadi Lamongan (HJL) yang ke 443 serta memunculkan kader-kader baru dalam bidang lingkungan hidup. “Mereka yang terpilih akan menjadi unsur pioneer, contoh dan suri tauladan penggerak dalam bidang lingkungan hidup,” kata Sekretaris BLH Kabupaten Lamongan Bambang Hartono dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut.

Ditandaskan olehnya, sebagai duta lingkungan hidup, peserta tidak hanya dituntut untuk melakukan kampanye menyelamatkan lingkungan. Dia juga harus konsisten untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan pada dirinya sendiri.

“Dipilihnya pelajar akan sangat efektif untuk menanamkan cinta lingkungan. Jadi tidak hanya pembelajaran semata tapi juga semua aktivitasnya harus memberikan contoh yang baik,” imbuh dia. Bencana alam yang sering melanda tanah air seperti longsor dan banjir juga tidak terlepas dari pola hidup manusia itu sendiri yang kurang begitu memperdulikan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Menjaga lingkungan tidak harus mengeluarkan biaya besar. Sebab kebiasaan sehari-hari bisa dijadikan pelajaran, apakah menjaga lingkungan atau justru malah merusak lingkungan.“Jangan meninggalkan air mata tapi tinggali mata air yang jernih dan lingkungan yang bersih serta sehat,” ujarnya.

Seleksi tersebut dilakukan secara bertahap dan berlangsung sampai dengan tanggal 23 Mei. Hari pertama dilakukan ujian tulis untuk menjawab pertanyan mengenai wawasan lingkungan. Kemudian besoknya akan dilanjutkan dengan wawancara dan presentasi.

Peserta akan dinilai dari sisi performa, kepribadian, kepedulian lingkungan, dan penguasaan teknologi informasi. “Tiga terbaik akan diumumkan pada hari terakhir dan akan mendapatkan reward berupa piagam serta uang pembinaan,” pungkas Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemulihan Lingkungan Erdiana Renawati.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More