Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Wednesday, May 23, 2012

SAKIT GIGI BISA SEBABKAN DIABETES


Anak-anak Indonesia diharapkan pada nantinya bisa menjadi generasi emas, dengan memiliki kualitas yang bisa diandalkan. Untuk mencapai kualitas yang bisa diandalkan saratnya adalah sehat baik physic maupun  psychology dan tingkat pendidikan yang memadai. Karena itu perlu diciptakan Indonesia yang lebih sehat dan lebih cerdas.

Guna mencetak generasi emas yang lebih sehat dan lebih cerdas di Kabupaten Lamongan, Tim Penggerak PKK, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan bekerjasama dengan Yayasan Unilever Indonesia dan Spektra pada hari Selasa (22/5) mengadakan Training Of Traniers Tim Motivator Sekolah dan masyarakat School Program di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan. Program ini difokuskan pada pembudayaan Perilkau Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui gerakan cuci tangan pakai sabun dan sikat gigi pagi dan malam.

Seperti diungkapkan Roni S. Sya’roni, Direktur Spectra, kegiatan ini adalah bagian dari wujud komitmen bersama dalam rangka menciptakan Indonesia yang lebih sehat dan lebih cerdas. Dalam kaitannya dengan kesehatan gigi di Indonesia dia mengungkapkan 75 persen penduduk Indonesia pernah sakit gigi karena tidak mengetahui waktu dan cara menyikat gigi yang tepat.

Kegiatan yang diharapkan bisa mewujudkan pemahaman tentang pentingnya PHBS sedari dini melalui revitalisasi dokter kecil di SD dibawah binaan guru UKS dan kader posyandu tersebut di sponsori oleh PT Unilever Indonesia. Menurut Leo Indarwahono Public Health and Education Executive dari PT tersebut kegiatan ini merupakan perwujudan dari salah satu program Corporate Program Responsibility dari PT Unilever yang merupakan tanggung jawab social dari perusahaan kepada masyarakat. Dalam kesempatan ini dia memuji program peningkatan kecerdasan di kabupaten Lamongan yang dinilainya sudah bagus. Dan untuk menyampurnakannya dia menwarkan beberapa program untuk meningkatkan kesehatan di Lamongan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan yang membuka acara ini dalam sambutannya mengingatkan bahwa mencuci tangan pakai sabun bisa menurunkan angka diare hingga 40 persen. Dia juga memperingatkan akan bahaya penyakit gigi pada anak-anak yang bisa berlanjut hingga dewasa dan bisa mempercepat berbagai penyakit seperti stroke dan diabetes.

Para peserta yang terdiri dari guru Pembina UKS, kader Pos Yandu dan tim penggerak PKK serta pengurus Dharma Wanita di Lamongan berkesempatan untuk menambah pengetahuan mereka tentang Mekanisme School Program dan Rencana Tindak lanjut yang disampaikan oleh Roisul Husniyah dan  Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) dan Sikat Gigi Pagi dan malam (SGPM) dan trias UKS di lingkungan sekolah sehat oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan. Sedangkan wakil dari PT Unilever menyampaikan materi tentang komitmen PT Unilever Indonesia dalam pembudayaan PHBS.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More