Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Saturday, June 16, 2012

156 STAN RAMAIKAN PAMERAN IKM – IRT


Sebanyak 156 stand ikut meramaikan Pekan Raya Lamongan tahun 2012 di alun-alun Kota Lamongan. Bupati Fadeli secara resmi membuka acara tersebut kemarin dengan ditandai pelepasan balon, penekanan tombol sirine serta pengguntingan untaian melati,

“Ikut meramaikan sebanyak 81 peserta dari Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Pemprov Jatim, dari Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Bangkalan dan Sidoarjo. Ditambah IKM – IRT sebanyak 27 kecamatan serta 48 dari pengusaha umum. Sehingga total berjumlah 156 stand ikut berpartisipasi dalam rangka Hari Jadi Lamongan (HJL) yang ke-443 ini,” ujar Kadiskoperindag Lamongan Mubarok dalam laporannya. Pekan Raya tersebut akan berlangsung mulai tanggal 14 sampai 24 Juni 2012.

Peyelenggarana kegiatan itu meurut dia rangka pengembangan dan peningkatan ekonomi di sektor industri kecil. Khususnya industri kecil menenga (IKM) dan industri rumah tangga (IRT) di Lamongan dapat terwujud melalui promosi serta terciptanya jaringan pemasaran yang lebih luas. “Sehingga upaya mengurangi ketergantungan terhadap produk-produk impor dapat dimaksimalkan,” imbuhnya.

Terkait dengan promosi serta jaringan pemasaran tersebut, ada salah satu stand milik Pemkab Lamongan, Pusat Komunitas Kreatif (Puskom) yang dikelola oleh Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE). Stand itu diantaranya memberikan layanan berbisnis online secara gratis.

Seperti dijelaskan Wildan, petugas di stand itu, Puskom dilengkapi fasilitas perangkat teknologi informatika dan komunikasi (TIK) dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kreatifitas dan kemampuan masyarakat, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sehingga dapat membantu transformasi dari manual bisnis menjadi elektronik bisnis dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah serta taraf hidup masyarakat Kabupaten Lamongan.

Sedangkan fasilitas dan progam yang diberikan kepada peserta, Wildan menambahkan, antara lain desain multimedia, upload produk, membuat blog dengan konsep toko online, editing video dan promosi produk secara online. “Kami berikan pelatihan ini secara cuma-cuma alias gratis,” katanya sembari menyebutkan apabila tertarik dapat mengunjungi gedung Puskom Kreatif yang terletak di jalan Basuki Rahmat No.51 Lamongan.

Sementara itu Bupati Lamongan Fadeli dalam sambutannya mengatakan, setidaknya ada 13.000 IKM dan IRT di Lamongan yang akan terus menjadi perhatian pemerintah daerah. Pasalnya, produk domestik regional bruto (PDRB) Lamongan sebanyak 31,99 persen justru disumbangkan dari sektor industri perdagangan, hotel dan pariwisata. Tertinggi setelah sektor pertanian yang sebesar 44,46 persen. “Ini berarti sungguh luar biasa sebagai faktor pengangkat ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Bupati menambahkan, pameran seperti ini sangat besar manfaatnya untuk mengangkat serta mengenalkan produk lokal utamanya industri kecil, menegah dan rumah tangga kepada masyarakat luas. “Salurkan dengan media yang tepat sasaran. Seperti halnya dengan Puskom Kreatif milik pemerintah daerah yang cuma ada 2 di Indonesia, yakni Lamongan dan di NTB. Peserta bisa memanfaatkan itu,” tukasnya.  

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More