Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Thursday, June 21, 2012

DIKLATPIM IV KABUPATEN LAMONGAN DIIKUTI 40 PESERTA


Sebanyak 40 orang pejabat eselon IV se-Kabupaten Lamongan mengikuti Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV angkatan ke-404. Diklat tingkat dasar atau eselon IV tersebut akan berlangsung selama 40 hari, yaitu hingga berakhir pada tanggal 24 Juli 2012 bertempat di sanggar Pramuka, Kecamatan Turi. Sementara pembukaan acara tersebut dilakukan Shaba Dyaksa setempat, kemarin.

Plt Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Lamongan Sulastri dalam sambutannya saat membuka diklat berharap, pemimpin hendaknya mampu memberikan inspirasi untuk yang lain. Dalam artian memiliki kapasitas untuk memotivasi orang lain. “Mereka juga dituntut untuk menumbuhkan inovasi, kreativitas dalam pelaksanaan tugas dan memiliki kapasitas dalam pemecahan masalah,” ujarnya.

Seorang pemimpin, lanjut dia, juga harus mampu menggerakkan stafnya untuk bersama-sama memecahkan masalah yang dihadapi organisasi sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Selanjutnya dia berharap para peserta mampu menjadi pimpinan yang memiliki wawasan global meskipun mempunyai kewenangan tingkat lokal. “Diperlukan pengetahuan yang cukup luas dan selalu ter-update agar mampu mengakomodasi masalah ditengah-tengah masyarakat yang semakin kritis ini,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Diklat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lamongan Pudjianto mengatakan, salah satu tujuan diklat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan serta sikap untuk melaksanakan tugas jabatan struktural eselon IV secara professional dengan dilandasi oleh kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kompetensi dan tugasnya.

Kompetensi kepemimpinan operasional harus dipenuhi baik itu dari aspek pengetahuan, ketrampilan maupun sikap dan perilaku. “Selaku pejabat eselon IV hendaknya dapat berkonstribusi dan memposisikan diri sebagai bagian dari perwujudan kinerja PNS yang profesional sebagai pelayan dan bentuk rasa pengabdian kepada negara dan masyarakat,” tambah Kabid Diklat Fungsional Badan Diklat Pemprov Jatim Bagus Pujiono.

Peserta diklat sejumlah 40 orang tersebut terdiri dari pejabat di lingkup Setda 1 orang, badan 11 orang, dinas 14 orang dan dari kecamatan 10 orang. Selanjutnya dari Pol PP 1 orang, RSUD Dr. Soegiri Lamongan 1 orang, sekretariat KORPRI 1 orang dan Inspektorat 1 orang.

Para peserta selanjutnya akan diberikan secara garis besar materi tentang kajian sikap prilaku dan kajian manejemen publik serta beberapa materi lain. Sehingga kapasitas kepemimpinan peserta diklat dapat memenuhi standart kompetensi jabatan yang di amanahkannya. Pemberi materi selain dari widyaiswara Badan Diklat Pemprov, materi pelajaran tersebut juga akan disampaikan oleh pejabat struktural di lingkup Pemkab Lamongan, beberapa dosen perguruan tinggi dan beberapa nara sumber lain yang berkompeten di bidangnya.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More