Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Saturday, June 16, 2012

DIMULAI, GROUNDBREAKING BENDUNG GERAK SEMBAYAT


Pembangunan Bendung Gerak akhirnya dimulai tahun ini. Kepastian pembangunan itu akan ditandai dengan groundbreaking, atau penggalian tanah perdana oleh Menteri PU Djoko Kirmanto pada 15 Juni di Bendungan Gonggang Kecamatan Pocol Kabupaten Magetan bersamaan dengan peresmian Bendungan Gonggang dan Bendung Gerak Bojonegoro.

Kepastian pembangunan Bendung Gerak Sembayat tersebut sebagaimana surat Kementerian Pekerjaan Umum yang ditandatangani Dirjen Sumberdaya Air Mohamad Hasan . surat tertanggal 12 Juni itu perihal Rencana Peresmian Bendungan Gonggang di Magetan dan Bendung Gerak di Bojonegoro serta Groundbreaking Bendung Gerak Sembayat di Gresik.

Melalui Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni, Bupati Lamongan Fadeli menyambut baik kepastian pembangunan Bendung Gerak Sembayat itu. Dengan adanya kepastian tersebut, tutur dia, masyarakat Lamongan akan memiliki tandon air di Bengawan Solo yang bisa dimanfaatkan berbagai kebutuhan sepanjang tahun.

Pembangunan Bendung Gerak Sembayat itu sendiri terletak di Desa Sidomukti Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik dan Desa Karangbinangun dan Gawerejo Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Pembangunan bending gerak ini dilaksanakan dengan kontrak tahun jamak (multy years contract) tahun anggaran 2011-2016.

Bendung Gerak Sembayat ini direncanakan mempunyai tampungan (long storage) sebesar 10 juta meter kubik. Tampungan air sebesar itu selanjutnya bisa digunakan untuk keperluan penyediaan air baku, air irigasi dan untuk mencegah intrusi air laut yang selama ini mengganggu pertanian sawah tambak di daerah Bengawan Jero di Lamongan.

Di wilayah Lamongan, kebutuhan lahan Bendung Gerak Sembayat ini seluas 13,174 hektar. Sementara di wilayah Kabupaten Gresik yang berada di Kecamatan Bungah, kebagian jatah untuk membebaskan lahan seluas 82,693 hektar.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More