Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Monday, June 11, 2012

LAMONGAN RAIH PENGHARGAAN PeGI 2012


Bulan Juni ini menjadi momen panen penghargaan level nasional untuk Pemkab Lamongan. setelah sebelumnya pada 5 Juni lalu sukses meraih Penghargaan Adipura keenam secara berturut-turut, Senin (11/6) di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Bupati Lamongan Fadeli meraih penghargaan bagi peringkat terbaik Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Tifatul Sembiring.

“Alhamdulillah Lamongan di Bulan Juni ini Lamongan kembali menerima penghargaan level nasional. Prestasi ini tentunya tidak lepas dari kerja keras semua jajaran aparatur untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Semoga prestasi ini akan memacu semangat seluruh jajaran Pemkab Lamongan untuk bekerja lebih keras dan menjadi lebih baik lagi demi kesejahteraan masyarakat Lamongan, “ kata Bupati Lamongan Fadeli kemarin seusai menerima penghargaan yang dilaksanakan bersamaan dengan acara pembukaan Rakornas Kominfo tersebut.

Lamongan sendiri merupakan satu-satunya kabupaten di Indonesia yang menerima penghargaan PeGI ini. Karena dari enam penerima penghargaan PeGI tingkat kabupaten kota ini, hanya Lamongan yang merupakan kabupaten. Sementara lima penerima penghargaan lainnya adalah kota. Dan tahun ini adalah kali pertama penghargaan tersebut diberikan kepada kabupaten/kota. Selama ini penghargaan PeGI hanya diberikan kepada pemerintah provinsi.

Terpisah, Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni menyebutkan, penghargaan PeGI tersebut diberikan Kominfo kepada Lamongan karena dinilai berhasil melakukan penataan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) bidang teknologi informasi komunikasi (TIK). Penataan itu terutama untuk hubungan antar pemerintah, pemerintah dengan dunia usaha, serta pemerintah dengan publik.

“Dua prestasi tingkat nasional di Bulan Juni ini menunjukkan inovasi dan kerja keras Pemkab Lamongan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat mendapat pengakuan dari berbagai pihak, “ ujar dia. Selain Kabupaten Lamongan, penghargaan ini diberikan kepada Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Pekalongan, Kota Medan dan Kota Surakarta.

Dijelaskan Zamroni, PeGI dirancang untuk dapat menjadi pedoman bagi pengembangan TIK di seluruh wilayah Indonesia sehingga diharapkan lingkungan pemerintah baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota maupun departemen dan lembaga non departemen dapat mengembangan dan memanfaatkan TIK secara lebih terarah. Tujuan lainnya adalah untuk memberikan dorongan bagi peningkatan TIK di lingkungan pemerintah melalui evaluasi yang utuh, seimbang dan obyektif.

Di Lamongan, imbuh mantan Camat Glagah ini, seluruh SKPD dan kecamatan telah terkoneksi jaringan internet dengan server yang dipusatkan di Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE). Diantara pelayanan yang telah menggunakan e Government adalah aplikasi manajemen keuangan berupa Sistem Aplikasi Keuangan Akuntansi (SAKTI). Kemudian aktifitas dalam manajemen administrasi berupa surat menyurat, perijinan dan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Elektronik (Simpustronik).

Sementara Kepala KPDE Lamonganb Hurip Tjahjono terkait pengelolaan situs resmi Pemkab Lamongan, www.lamongankab.go.id memberikan penjelasan, SKPDnya telah menyusun standar operasional prosedur (SOP) untuk memberikan pelayanan yang optimal. Laman yang memberi fasilitas pengaduan bagi masyarakat ini kotennya juga selalau dinamis dan diupdate. Diantara SOP yang telah ada adalah untuk layanan interaktif, pemeliharaan jaringan rutin dan pemeliharaan jaringan insidental.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More