Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Friday, June 22, 2012

TREN BUKA LAB MULTIMEDIA


Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dan Iptek yang pesat rupanya sudah diantisipasi lembaga pendidikan di Lamongan. Hampir semua lembaga pendidikan setingkat SMP dan SMA di kota soto ini sudah dilengkapi dengan laboratorium multimedia. Tren membuat laboratorium tempat siswa belajar dan praktek ini juga berlaku di sekolah swasta.

“Perkembangan TIK memang sangat pesat. Tantangan kedepan juga mengharuskan siswa memiliki multi pengetahuan dan kemampuan. Karena itulah pesatnya perkembangan TIK dan Iptek ini harus diantisipasi dengan menyediakan fasilitas praktek di laboratorium multimedia oleh sekolah di Lamongan, “ ungkap Kepala Dinas Pendidikan Agus Suyanto melalui Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni kemarin.

Tren membuka lab multi fungsi ini tidak hanya dilakukan oleh sekolah kejuruan yang memang memiliki program multimedia. Namun juga oleh sekolah umum, baik negeri maupun swasta. Keberadaan ini lab ini bisa menunjang fungsi hampiri seluruh laboratorium konvensional yang ada sebelumnya seperti laboratorium IPA dan Bahasa. Karena dengan multimedia, siswa mendapat pengetahuan pengolahan data teks, gambar diam maupun bergerak serta suara. Sehingga bagi pengajarpun jika mampu memanfaatkan fasilitas dalam laboratorium multimedia bisa membuat materi ajarnya semakin menarik untuk siswa.

Bukan hanya SMA negeri di perkotaan seperti SMAN 1 dan 3 yang telah memiliki lab multimedia. Namun juga merata di beberapa sekolah di daerah seperti SMAN 1 Paciran, SMAN 1 Karangbinangun dan SMAN 1 Babat. Sementara SMA swasta seperti SMA Muhammadiyah 9 Brondong, SMA Mazraatul Ulum Paciran dan SMA NU Solokuro juga sudah mulai melengkapi fasilitasnya dengan laboratorium multimedia.

Sedangkan SMP negeri di Lamongan yang sudah memiliki laboratorium multimedia diantaranya adalah SMPN 1 Sarirejo dan SMPN 1 Brondong. Kemudian SMPN Glagah, SMPN 1 Deket serta beberapa SMP di perkotaan seperti SMPN 3, 4 dan 5 Lamongan. sementara SMP swasta juga sudah banyak yang memiliki fasilitas laboratorium ini. Seperti SMP Islam Al Huda dan SMP Al Akbar di Brondong. Juga SMP Muhammadiyah 14 Paciran dan SMP Muhammadiyah 8 di Laren, SMP Nahdlatul Ulama di Laren dan Karanggeneng serta SMP Diponegoro di Babat.

Data Dinas Pendidikan Lamongan menyebutkan, saat ini di SMP negeri sudah terdapat fasilitas 60 Laboratorium IPA, 41 unit Laboratorium Bahasa, 50 Laboratorium Komputer dan 23 Laboratorium Multimedia. Sedangkan di SMP swasta sudah terdapat 39 Laboratorium IPA, 12 Laboratorium Bahasa, 1 Laboratorium IPS, 67 Laboratorium Komputer dan 13 Laboratorium Multemida.

Sementara di SMA negeri, sudah ada 9 Laboratorium IPA, 5 Laboratorium Kimia, 4 Laboratorium Fisika, 6 Laboratorium Biologi, 13 Laboratorium Bahasa, 1 Laboratorium IPS, 14 Laboratorium Komputer dan 5 Laboratorium Multimedia. Kemudian di SMA swasta, terdapat 25 Laboratorium IPA, 8 Laboratorium Kimia, 8 Laboratorium Fisika, 8 Laboratorium Biologi, 15 Laboratorium Bahasa, 3 Laboratorium IPS, 42 Laboratorium Komputer, serta 7 Laboratorium Multimedia.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More