Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Wednesday, July 18, 2012

CANANGKAN LAMONGAN JADI BUMI KOPERASI


Bertempat di halaman Kantor Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Kopindag) Kabupaten Lamongan, Bupati Fadeli beserta jajarannya menghadiri puncak acara peringatan hari koperasi (Harkop) ke-65 tahun 2012, kemarin (17/7). Dalam acara tersebut Bupati Fadeli sempat mengungkapkan akan mewujudkan Kabupaten Lamongan sebagai bumi koperasi dengan salah satu tujuannya yakni untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengurangi pengangguran.

Dikatakan lebih lanjut olehnya, hal itu seiring dengan pesatnya tumbuh kembang koperasi yang tersebar di Lamongan yakni sebanyak 1.042 buah koperasi. Selain itu, juga diraihnya prestasi bergengsi lainnya baik ditingkat Jawa Timur dan Nasional. Penghargaan terbaru tahun ini adalah dengan diterimanya Jasa Bhakti Koperasi dari Menteri Koperasi dan UKM RI di Palangkaraya beberapa waktu lalu.

“Saya berkata demikian, karena hampir 20 tahun lamanya menjadi ketua koperasi yang berlokasi di pemerintah daerah yakni koperasi Setia Praja. Jadi merupakan kewajiban saya untuk menggerakkan perekonomian Lamongan diantaranya melalui bumi koperasi ini,” ujarnya.

Fadeli juga sempat turut menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman bersama anatar Diskopindag Lamongan dengan Dinas Pendidikan tentangsinergi pemberdayaan koperasi. “Potensi yang ada di sekolah cukup besar. Memang belum seluruhnya sekolah-sekolah memiliki koperasi. Dan kalau pun itu sudah memiliki, tetapi belum berbadan hukum. Kalau sekolah-sekolah ini mempunyai badan hukum di koperasinya, tidak mustahil akan bermunculan ribuan koperasi baik di negeri maupun swasta. Itu hanya contoh dari lembaga pendidikan saja belum yang lainnya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Dewan Koperasi Lamongan Pratikno dalam laporannya mengatakan, dalam lomba koperasi berprestasi tingkat Jawa Timur, KPRI Handayani Lamongan mendapat penghargaan sebagai koperasi kategori konsumen, KSU Kencana Makmur sebagai koperasi kategori pemasaran dan KUD Mina Tani Brondong sebagai koperasi kategori jasa. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim dalam puncak peringatan hari koperasi propinsi Jatim di Kabupaten Jombang.

Rangkaian peringatan hari koperasi di Lamongan itu diwanai berbagai kegiatan. Selain pameran produk unggulan, juga diadakan lomba berpacu dalam koperasi. Semacam cerdas cermat antar pengurus koperasi. Serta donor darah yang bekerjasam dengan PMI setempat.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More