Situs Grand Lamongan News, saat ini masih dalam tarap pembangunan. Untuk sementara bisa diakses melalui www.grandlanews.co.cc. Mohon maaf bila tampilan dan isinya masih sangat sederhana.

Thursday, July 5, 2012

WABUP AJAK HW TELADANI PANGLIMA SUDIRMAN


Bertempat di bumi perkemahan Desa Tebluru, Kecamatan Solokuro, Wakil Bupati Lamongan Amar Saifudin membuka perkemahan pandu athfal dan pengenal gerakan kepanduan Hizbul Wathan (HW), selasa sore (3/7). Dalam kesempatan itu, Amar berpesan supaya mereka meneladani semangat Panglima Besar Jenderal Sudirman sebagai seorang yang aktif dalam gerakan kepanduan HW, sekaligus aktif sebagai guru sekolah di Muhammadiyah.

 “Sejarah panjang telah ditorehkan di dalam perjuangan pergerakan HW di bumi pertiwi ini. Bahkan sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1918 HW telah ada di bumi tercinta ini. Sejarah panjang juga mencatat bahwa HW telah melahirkan tokoh besar yakni Panglima Besar Jenderal Sudirman,” ujarnya saat berpidato.

Oleh karena itu, lanjut dia, ambillah hikmah dan suri tauladan yang telah diberikan dan diwariskan. Sehingga kita memiliki nilai-nilai perjuangan, nilai-nilai keikhlasan, serta sikap pantang menyerah yang telah diwariskan Panglima Besar Jenderal Sudirman melalui HW.

Sementara itu, Amar juga sedikit menyinggung terkait kenalan remaja. “Allhamdulilah prestasi siswa-siswi anak-anak di Lamongan cukup membanggakan. Disamping itu, prestasi-prestasi yang lain juga turut menorehkan sejarah sebagaimana kemajuan dunia pendidikan yang ada di Lamongan. Namun diisisi yang lain kita juga merasa cukup prihatin terhadap perkembangan kenakalan yang dilakukan sebagian oleh pelajar yang tidak bertanggung jawab,” tandasnya.

Jambore Majelis Pendidikan Dasar & Menengah (Dikdasmen) Kwarcab HW Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Solokuro tersebut diikuti sebanyak 550 peserta SD/MI-SMP/Mts dan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 3 sampai 5 Juli 2012. Mereka juga menyiapkan sebanyak 46 tenda. Sedangkan tema yang mereka usung adalah membangun kepanduan melalui olah raga dan seni.

Hizbul Wathan artinya pembela tanah air. Hal ini mengingat adanya pergolakan-pergolakan di luar negeri maupun di dalam negeri yaitu pada masa perjuangan melawan penjajah Belanda. Nama Hizbul Wathan sendiri juga nama kesatuan tentara Mesir yang sedang berperang membela tanah airnya.

1 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Favorites More